Minggu, 27 September 2009

Bisnis Afiliasi / Affiliate Program: Apa itu?


Anda tahu affiliate program? atau Bisnis Afiliasi?

Ya benar…… Affiliate program adalah marketing yang mengandalkan penggalangan komunitas untuk memasarkan produk. Penjelasan gampangnya, orang-orang yang berhasil memasarkan produk kita, akan diberikan imbalan atau akan diberikan komisi. Seperti di beberapa bisnis Afiliasi yang saya ketahui, mereka menyediakan komisi sampai 50% bagi yang berhasil memasarkan.

Bukan MLM !! Bagi sebagian orang , bisnis seperti ini dianggap sama dengan bisnis MLM. Padahal tidak! Itu haya anggapan bagi orang-orang yang belum mengetahuinya. Karena mungkin mereka jarang atau bahkan tidak pernah berhubungan dengan internet. Padahal program Affiliate ini trend nya di dunia maya..

Ada berbagai macam bentuk, model, system dan gaya yang ditawarkan oleh bisnis afiliasi ini, tetapi pada dasarnya semua sama bahwa siapa yang berhasil menjual maka dialah yang memperoleh komisi. Begitu pula dengan komisi yang ditawarkan. Sangat beragam. Mulai dari hitungan puluhan rupiah sampai ratusan ribu rupiah atau nol koma sekian dolar sampe puluhan dolar. Biasanya apabila kita menginginkan hasil/komisi yang besar ada syarat lain yang harus kita penuhi atau biasanya pendaftarannya berbayar, dibandingkan dengan komisi yang kecil dengan pendaftaran lbh murah bahkan gratis. Tinggal mana yang kita pilih, hasil / komisi besar atau komisi kecil.

Lalu bagaimana cara kerjanya?? Sangatlah mudah!! Setelah kita terdaftar pada salah satu Affilate Program, kita akan mendapatkan replika link/URL dari websitenya contohnya seperti ini http://www.pemasangiklan.com/nemo. URL seperti ini yang kita pasarkan. Dan apabila ada orang lain meng-klik URL kita dan ikut bergabung atau membeli produk pada web tersebut maka anda mendapatkan komisinya. Gampang bukan??? Kuncinya hanya bagaimana memasarkan atau menawarkan pada teman anda, atau mengiklankan URL anda. Semakin sering anda beriklan maka semakin sering peluang anda mendapatkan komisi. Bahkan besarkemungkinan disaat anda tidurpun anda menghasilkan uang. Kenapa? Kalau anda beriklan di dunia maya, iklan tsb akan tayang 24 jam dan kita tidak tahu kapan orang akan meng-klik iklan/URL kita. Wooow…..

Sebelum lebih jauh kita berbicara tentang affiliate program, saya ingin sampaikan satu hal yang perlu anda ketahui.

Saya temukan fakta begini. Berdasar penelitian, dari sekian banyak pebisnis internet di dunia hanya 45-47% pebisnis yang mendapat penghasilan cukup. Mereka ini tidak terbilang sukses karena hanya bisa jadi survivor, hanya mampu bertahan. Sedang 25% pebisnis lainnya mengalami kegagalan. Dan, 25% sisanya adalah mereka yang sukses besar. Kenapa bisa sukses? Jawabannya karena mereka menjalankan Affiliate Program.

Hmm… anda mau termasuk yang mana? Survival, gagal, atau sukses?

Kalau saya jelas ingin sukses dan saya yakin anda pun ingin sukses.

Mengenai Affiliate Program meski ada yang bilang ini bukan hal sulit, saya malah cenderung menyetujuinya. Karena saya percaya mudah tidaknya suatu pekerjaan tergantung pola pikir (mindset) kita. Begitu kita berpikir Affiliate Program itu mudah, kita akan lebih mudah melakoninya.

Tapi sebentar, kemudahan itu tetap ada syaratnya. Kerja keras dan keseriusan menjalaninya. Karena kesuksesan tidak akan pernah datang tanpa keseriusan!

Dulu saya memulai bisnis internet dari nol. Jangankan mengenal Affiliate Program, meng-email saja saya belum bisa. Tapi saya tidak patah semangat. Saya justru makin semangat belajar. Meski kadang terjebak dalam kebingungan, saya tidak pernah berhenti. Saya terus belajar sampai saya bisa. Internet menjadi tempat saya menemukan jawaban-jawaban.

Tapi, ternyata tidak semua jawaban yang diberikan internet memuaskan. Kadang malah ada yang membuat saya bingung. Sekali lagi itu tidak membuat saya berhenti mencari. Saya tidak akan pernah menjadi “apa-apa” jika hanya dikalahkan oleh kebingungan saya sendiri. Atau mungkin ditengah kebingungan anda berpikir akan mencari informasi yang lebih banyak lagi agar mendapatkan ide-ide cemerlang untuk memulai bisnis anda. Tetapi sadarlah karena sekecil apapun ide bisnis anda, mungkin itulah awal dari kesuksesan.

Bagi saya, kebingungan justru adalah awal menuju kejelasan. Asal kita tidak menyerah mencari jawabannya tentu.

Maka bersyukurlah anda yang sering bingung! :-)

Anda pun bisa melakukannya!

Mendatang saya akan belajar lebih dalam lagi tentang Affiliate program yang ampuh. Dan akan saya bagikan di sini. Tunggu artikel saya berikutnya! Saya tunggu juga komentar anda…

Salam sukses!

JIKA ANDA SUKA ARTIKEL INI, silahkan share ke teman FACEBOOK anda.

5 komentar:

Anonim mengatakan...

good.......!

Anonim mengatakan...

tks.....

totok mengatakan...

terima kasih atas infonya..

Jack Bodas mengatakan...

Good luck...! bagus kok. trus apa aja barang yang kita tawarkan di situ...jasa boleh nggak ?

nemilant mengatakan...

Jack bodas, Affilate program bisa juga bisnis jasa karena pruduk yg dijual adalah produk orang lain. Berarti kita dapat imbalan atas jasa kita menjualkan produk orang lain.

Template by: Abdul Munir
Website: 99computercity